Tuesday, April 14, 2015

Tutorial Photoshop Paling Lengkap

Tutorial Photoshop Paling Lengkap Photoshop merupakan salah satu software design untuk mengolah gambar dan text. Bagi para desainer grafis, Photoshop sudah menjadi sebuah software andalan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Nah, untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan mereka dalam menggunakan software tersebut, mereka membutuhkan tips dan trik Photoshop. Pada kesempatan ini Harafimulki.com akan berbagi beberapa Tutorial Photoshop dengan pembahasan secara singkat dan jelas.
Tutorial Photoshop Paling Lengkap
Tutorial Photoshop Paling Lengkap

Tutorial Photoshop Tokoh Animasi

Dalam tutorial Photoshop  Anda akan bisa mencari cara untuk membuat wallpaper. Anda misalnya akan merancang sebentuk World of Warcraft Wallpaper. Caranya sederhana dan tutorial akan mengajarkan Anda untuk membuat dan menggunakan keterampilan dasar Photoshop, seperti masking, attribut, lasso, dan kolase. Tentunya Anda tidak sabar untuk membuat wallpaper sendiri. 

Tutorial Photoshop Warna Rambut

Anda akan mempelajari pula menggunakan gambar seorang wanita dan mengubah rambutnya oleh Appling hair straks dan highlights. Warna Rambut disorot dalam dalam tindakan sederhana. Seperti penggunaan layer, dalam tutorial  warna rambut  bisa dirubah sekehendak hati.

Tutorial Photoshop Foto Enhachment

Dalam Tutorial Photoshop   secara sederhana Anda akan mengambil sembarang gambar close up objek wajah manusia lantas meningkatkan standar foto dengan penggunaan alat-alat Photoshop sederhana seperti laso, koreksi warna, pallete warna dan dengan penggunaan air brush dengan tujuan meningkatkan foto dengan menggunakan manipulasi teknik. Tutorial semacam ini akan mengajarkan cara untuk mempercantik wajah dengan riasan gaya shoping.

Tutorial Photoshop Foto Efek Zoom

Dalam tutorial Photoshop  untuk pemula Anda akan mempelajari cara mengambil gambar dari teknik zoom dan Anda akan menggambarkan cara membuat efek gambar zoom menggunakan liquify. Dalam tutorial juga dipelajari zoom teks untuk meningkatkan kemampuan navigasi dan pewarnaan pada teks.

Hal ini penting dilakukan untuk lebih lanjut mengetahui kemudahan dalam melakukan filter, dan tentu saja Photoshop zoom merupakan ajaran basic demi pengembangan kemampuan Anda.

Tutorial Photoshop Membuat Komik

Dalam tutorial Photoshop  Anda bisa saja mengambil gambar superman yang terbang dan kemudian mengambil foto latar belakang kota yang berbeda (atau kota yang Anda inginkan) dan menggabungkan dengan teknik kolase sehingga terlihat seperti Superman sedang terbang di suatu kota tertentu yang Anda pilih!

Tutorialnya akan dipelajari tentang filter dan efek bluring dalam Photoshop dan juga penggunaan filter sketch untuk menciptakan efek terbang. Anda juga akan menguasai penggunaan efek-efek dan filter Photoshop lainnya untuk membuat buku komik kecil-kecilan.

Tutorial Photoshop Gambar Kartun

Dalam tutorial Photoshop  seorang pemula bisa mengambil foto seorang close up wajah siapapun secara acak, dan dengan efek Photoshop grafis dan efek filter semacam cut out, render, Anda akan mampu mengkonversi gambar menjadi sebuah gambar kartun.
Tutorial Burning Teks

Dalam tutorial Photoshop  tingkat selanjutnya Anda akan mampu membuat efek teks yang terbakar-bakar. Dengan menggunakan filter Photoshop dan juga efek tambahan teks, semacam shade effect.

Tutorial Photoshop Embossed

Dalam tutorial Photoshop  Anda akan mampu membuat huruf timbul, sebagaimana efek sablon dan plating, yakni menekan keluar teks berlapis di atas permukaan layer foto. Anda akan mempelajari kemampuan menggunakan efek teks photoshop dengan pilihan blending, juga filter Photoshop untuk membuat efek ini.

Tutorial Photoshop Pola Refleksi

Dalam tutorial Photoshop  dasar Anda akan mampu menciptakan sebuah refleksi pada riak teks sebagaimana di dalam dalam air. Unsur-unsur akan bisa gunakan untuk melakukan hal ini adalah efek teks photoshop dan filter blur. 

Tutorial Photoshop Lightwave Digital Effects

Dalam tutorial Photoshop  Anda pun dapat menciptakan sebuah ledakan cahaya yang datang dari depan dan belakang dari layer pada sebentuk teks yang terdistorsi. Untuk membuat efek ini Anda akan menggunakan kemampuan tingkat tinggi dari penggunaan layer pada Photoshop termasuk di dalamnya memanfaatkan mask, mengaburkan gambar, memutar kanvas, pencampuran mode dan efek dengan beberapa filter photoshop umum.

Tutorial Photoshop Neon Lights On 

Dalam tutorial Photoshop  Anda pun akan dapat melakukan beberapa manipulasi gambar agar dapat berpendar bagaikan neon. Anda akan mengambil gambar acak dan belajar menggunakan filter Photoshop untuk membuat efek neon. Tutorial Foto Sepia Dalam tutorial Photoshop  Anda pun akan bisa meningkatkan gambar menggunakan efek foto Sepia. Anda akan menciptakan sebuah nada sepia pada foto dalam rangka memberikan warna sederhana dibanding warna yang Anda lihat di laboratorium foto.

Tips dan Trik Tutorial Photoshop

Berikut 15 tips dan trik Photoshop dalam mengolah gambar dengan memanfaatkan tombol-tombol tertentu. Tips dan trik ini juga bisa diaplikasikan pada semua versi Photoshop. Selamat mencoba dan berkreasi.
1. Zoom out atau Zoom in
Untuk memperbesar dan memperkecil tampilan di layar, tekan tombol [Ctrl] dan [+] secara bersamaan.

2. Reset Foreground dan Background
Untuk mengembalikan warna foreground dan background ke warna default hitam dan putih, tekan tombol [D] .

3. Membuka file lain
Bila di area kerja Anda membuka beberapa file, untuk berpindah dari satu file ke file yang lain, tekan tombol [Ctrl] dan [tab] secara bersamaan.

4. Menggandakan history
Untuk menduplikat satu langkah dalam history, tekan tombol [alt] dan klik satu langkah dalam panel history secara bersamaan, maka langkah yg dicopy tadi akan menjadi langkah terbaru dalam history .

5. Deselect
Untuk membatalkan seleksi, tekan tombol [Ctrl] + [Shift] + [D] secara bersamaan.

6. Berpindah Foreground dan Background
Untuk berpindah warna foreground dan background, tekan tombol [X]

7. Copy Layer
Untuk menduplikasi layer, tekan tombol [Ctrl] dan [J] secara bersamaan

8. Membuat layer baru
Untuk membuat layer baru, tekan tombol [Ctrl] + [Shift] + [N] secara bersaman

9. Berpindah layer yang aktif
Untuk memilih layer yang aktif, tekan tombol [Alt] dan [ [ ] atau [ ] ]

10. Gambar di tengah kanvas
Untuk memposisikan gambar ke tengah kanvas

11. Hide semua layer
Untuk menyembunyikan semua layer lainnya yang ada, Tekan tombol [Alt] dan klik icon mata di samping layer secara bersamaan.

12. Melihat hasil layer mask
Untuk melihat hasil tampilan layer mask, tekan tombol [Alt] dan klik thumbnail di layar palette.

13. Memilih transparan
Untuk memilih layer transparency, tekan tombol [Ctrl] dan klik sebuah layer thumbnail.

14. Cara cepat Back dan Forward
Untuk menggantikan fungsi back, tekan tombol [Ctrl] + [Alt] + [Z] secara bersamaan. Dan untuk menggantikan fungsi forward, tekan tombol [Ctrl] + [Shift] + [Z] secara bersamaan.

15. Memindahkan seleksi
Untuk memindahkan seleksi dari sebuah objek atau gambar dengan Marquee Tool, tekan tombol [Space Bar].

Tutorial Photoshop Teknik Pop Art Image

Anda ingin mendapatkan photo dengan teknik Pop Art Image? Berikut tips dan trik Photoshop yang bisa Anda ikuti:
  • Buka photo atau gambar yang akan dibuat Pop Art. Lalu double klik Layer Background dan beri nama. Buat Layer baru, pindahkan ke paling bawah. Ini akan berfungsi sebagai Background.
  • Jika gambar sudah dibuka, sekarang gunakan Pen Tool untuk menyeleksi objek yang akan dibuat Pop Art. Perhatikan settingannya. Jika gambar sudah terseleksi semuanya, klik kanan di area gambar pilih Make Selection dengan angka 0 pixels di kotak Feather Radius.
  • Photo sekarang dalam keadaan terseleksi. Karena kita akan menghilangkan Backgroundnya, kita harus menyeleksi object di belakang photo. Kli Select > Inverse, lalu tekan delete. Kemudian, Background photo akan hilang, tinggal objeknya saja.
  • Duplikat Layer gambar atau layer objek dengan menekan CTRL + J, otomatis akan terbentuk Layer baru dengan nama Object Copy. Buat dupilkatnya menjadi hitam putih, dengan tekan CTRL + SHIFT + U atau klik Image > Adjustment > Desaturate. Lalu klik kanan Layer Object Copy > Duplicate Layer. Karena kita pilih NEW maka akan terbentuk dokumen baru. Ini nanti kunci untuk membuat Pop Artnya.
  • Di dokumen baru klik Image > Adjustment > Shadow/Highlights. Shadow Highlight ini fungsinya nanti untuk memberikan efek detail pada warna-warna yang gelap, misalnya rambut. Lalu klik Image > Adjustment > Threshold. Geser-geser slidernya supaya dapat gambar yang bagus dengan detail yang bagus juga.
  • Klik Filter > Blur > Gaussian Blur, pilih di Radius 4 pixels. Lalu klik Image > Mode > Grayscale, pilih Discard. Kemudian klik Image > Mode > Bitmap, klik Flatten Layer. Isi outputnya sama dengan input, lalu di Method gunakan Halftone Screen dan atur sesuai kebutuhan.
  • Sekarang kita harus membuat Mode Image menjadi RGB dengan klik Image > Mode > Grayscale dengan size ratio 1, lalu klik Image > Mode > RGB. Jika sudah jadi RGB sekarang kita bisa export ke dokumen yang sedang kita garap.
  • Klik kanan Layer Background > Duplicate Layer, di Dokumennya pilih file dokumen yang sedang kita garap. Lalu Trim bagian Background putihnya dengan gerakkan mouse ke antara Layer Background dan Layer Object Copy sambil tekan tombol ALT. Jika sudah terlihat dua lingkaran putih dan hitam lalu kita klik. Nanti Background putihnya akan hilang.
  • Terakhir proses pewarnaan. Untuk memberi warna hanya menggunakan Brush Tool saja. Buat Layer baru di paling atas. Layer Modenya pilih Multiply, warna kulit sesuai kode di gambar. Warnai daerah muka, rambut, tangan dan badannya. Setelah selesai, warnai Backgroundnya dengan pilih Layer paling bawah. Warnai dengan menggunakan Paint Bucket Tool. Anda pilih warna Background sesuai selera Anda.

Tutorial Photoshop Teknik Spooky HRD Effect

  • Buka photo yang mau di edit dengan tutorial Photoshop.
  • Klik dua kali pada Layer Background, maka akan muncul table Windows New Layer. Lalu klik OK pada Layer Box nama &ldldquo;Background” akan berubah menjadi “Layer 0”
  • Setelah itu tekan CTRL + J maka Layer akan terduplikat dengan nama “Layer 0 Copy”
  • Klik menu Image > Adjusments > Shadows/Highlights, maka akan muncul table windowsnya, lalu klik Checkbox Show More Option, lalu Anda atur Shadows, Highlights, Adjustmentsnya lalu klik OK.
  • Klik menu New Fill Layer or Adjustments Layer. Pilih Chanel Mixer lalu akan muncul Docker. Klik Checkbox Monochrome lalu kembali ke Layer Box.
  • Tekan CTRL + SHIFT + ALT + E, akan ada Layer baru tercipta dengan nama “Layer 1”
  • Pilih menu Layer > Flatten Image. Tekan CTRL + J.
  • Klik menu Filter > Other > High Pass. Setting Radius menjadi 81,5 pixel lalu klik OK.
  • Setting Blending Modenya menjadi Soft Light dan ubah Opacity Image menjadi 80%
  • Tekan CTRL + E (Marge Down). Klik menu New Fill Layer or Adjustments Layer, pilih Hue/Saturation. Setting Saturation -30%.
  • Tekan CTRL + SHIFT + ALT + E. Klik menu New Fill Layer or Adjustment Layer, pilih Color Balance. Setting Midtones Cyan -15, Magenta +10, Yellow -20.
  • Klik menu Layer > Flatten Image. Klik menu New Fill Layer or Adjustments Layer, pilih Hue/Saturation. Setting Saturationnya -30.
  • Tekan CTRL + E, lalu Anda akan mendapatkan hasilnya.
Semoga tips dan trik photoshop ini berguna untuk Anda. Selamat mencoba!

1 comment: